September 05, 2008

Ramadhan Hari ke-6

The 5 first days in Ramadhan: berusaha menjalani ibadah di bulan Ramadhan dengan niatan memperoleh ridhoNya.

4.05 WIB: Bangun Sahur. Sesuai dengan kebiasaan Rasulullah untuk mengakhiri waktu sahur, maka sebisa mungkin saya bangun 20 menit sebelum masuk waktu Subuh (bukan Imsyak).

4.15 WIB: Makan apel, madu, oatmeal + susu. Ngacay ngeliat onggokan daging rendang dan ayam gulai...namun apa daya, sebaik2xnya sahur adalah makan makanan berserat. Dan sebaik-baiknya buah berserat dan dapat mengganjal rasa lapar seharian adalah apel. Makan karbohidrat kompleks secukupnya. Gak berlebihan.

4.40 WIB: Sholat Sunnat Rawatib 2 rakaat sebelum subuh dilanjutkan sholat subuh berjamaah sama Aybun dan Ardha.

4.50 WIB: Sangat disayangkan saya masih juga tidur lagi...hehuehu. Godaan tidur abis sahur sangatlah besar...gimana caranya ya supaya gak tidur lagii?

7.30 WIB: Bangun tergopoh-gopoh dan mandi secukupnya supaya gak ketinggalan tebengan ama Pak Boss.

9.10 WIB: nyampe kantor mulai berkarajo. Agak sedikit malu karena sebetulnya during Ramadhan, all moslems working hour is 8 to 16.30...kekeke. Tapi yasudahlah, for the sake of tebengan...

12.05 WIB: Bergegas sholat Dzuhur (batas toleransi menunda sholat adalah 10 menit!). Sebisa mungkin di lantai 3 a.k.a Masjid dan ikut ceramah Ramadhan. Tapi malah suka gak efektif, soalnya yang ceramah gak jelas ngomong apa....;P.

12.30 WIB: Sunnat rawatib 2 rakaat setelah dzuhur

15.20 WIB: Ashar

17.55 WIB: nasib mahasiswa kantoran, buka puasa hampir selalu di metromini. Namun alhamdulilah, air putih ternyata memang sebaik-baiknya minuman. Dan yang terpenting, gak berlebihan (lagi).

18.20 WIB: sampai kampus...ambil tajil. Di kampus banyak banget tajilnyaaa......untung kebal iman, hehe..kalo gak pasti disosor. Biasanya ambil puding dan segelas minuman manis dingin. Walau yang paling baik berbuka dengan buah dan minuman hangat, tapi sampai saat ini masih belum saya lakukan.

19-21 WIB: Kuliahhhh....menarik!

21.05-21.08 WIB: turunin tangga dari lantai 6, hehehe.

21.45 WIB: Nyampe rumah...

22.00 WIB: sholat Isya dan ngaji semampunya. Jama'ah taraweh + witir ama Ayah. Awalnya rada ragu, bukankah taraweh dan witir adalah Qiyamul Lail? tapi ternyata setelah tanya sana-sini, Taraweh lebih diutamakan berjamaah dan 1/3 awal malam....(bukan 1/3 akhir seperti yang saya kira).

22.45-24 WIB: Pacaran (hahah)

24-04: Tidurrrrr.......

Ramadhan pada intinya mengajak kita untuk lebih disiplin pada diri, peduli sekitar (memberi makan orang berpuasa, ber-ZIS), mendekatkan diri dengan Allah SWT dengan melakukan hal-hal yang dicintaiNya (mendirikan sholat, dzikir, tadarus, amal, puasa dengan makna sesungguhnya: menahan diri).

Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan,....semoga kita menjadi orang-orang yang diberkati. Amien.

No comments: