June 25, 2008

Dresscode

Rasa-rasanya gue pengen nampar nih blog kalau saat ini wujudnya berupa manusia! WakkkkZ!! Lagi-lagi untuk kedua kalinya tulisan gue ilanggggg...padahal udah di save..bentar bentar save now! tapi gak ngaruuhhh....tetep aja dia autosaved disaat yang tidak tepat..!

Ugh.

Ah, cerita singkat saja. Padahal tadi udah lengkap banget berikut percakapan detail..! huhuhu.

Hmm, Jadi begini. Barusan banget, tadi malam jam 22 gue dan Ardha (adek gue) pergi ke Blowfish...niatannya adalah memenuhi "undangan" Area dan Juice via Facebook yang lagi ngadain acara nonton bola bareng...sambilan dihibur oleh band-band. Band-bandnya gue gak tau siapa sih, yang pasti gue dateng karena ada Sore ze Band. Berhubung gratis dan venuenya gak jauh (cuman sepelemparan batu dari kantor eke), gue memenuhi undangan tersebut. Itung-itung nonton Jerman vs Turki bakalan seru juga nih secara rame-rame!!

Namun ternyataaaa..nasib berkata lain. Dari awal feeling gue udah rada gak enak...soalnya sepengetahuan gue, blowfish itu tempat dugem semacam Dragonfly dan sejenisnya. Tapi ada yang bilang itu Longue, jadi gue gak perlu merasa risih dengan jilbab gue. Gue udah trauma kalau ke bar bar gitu....yang jelas gue gak nyamanlah.

Sesampainya di blowfish dan disambut Mbak-mbak Area, gue dan Ardha pun melenggang ke dalam. Sayangnya baru 2 langkah, sesosok pria legam menghalangi jalan kami. Badannya gak tinggi dan besar, membuat gue harus berfikir 3 detik sampai akhirnya gue berkesimpulan dia ini security guard dan berniat memeriksa tas gue. Tapii...alih-alih memeriksa tas, dia mengatakan sesuatu yang membuat gue dan Ardha serta si Mbak Area berkernyit dan melongok....Dan kejadian ini berlangung sangat cepat sebelum gue diberi kesempatan untuk emosi.

”Mbak gak bisa masuk karena dresscode Mbak”, kata SG dengan kalem

Gue: ”Hah?”....gue langsung paham yang dia maksud dresscode pastilah jilbab gue, masak iya baju kerja gue??

Gue: ”Kenapa mas? Ini khan acaranya bukan acara dugem...nonton band dan bola kok!” , gue ngomong dengan kalem dan sambil ketawa miris.

SG: Gak bisa Mbak, peraturannya emang gitu dari manajemen.

Setelah itu gue melirik ke Mbak Area yang hanya bisa memberikan sinyal ”minta maaf ” sambil menyatukan kedua telapak tangannya dan mengangguk2an kepala....Mbak Area yang mukanya mirip sama Ami Zein itu mengatakan bahwa dia gak tau sama sekali kalau ada peraturan seperti itu.

Gue malas berkonflik. Dan Ardha pun sempet yang membela gue...gue yakin Ardha pasti sedikit banyak kecewa, apalagi dia jauh-jauh jemput gue dari Pulomas ke Salemba trus ke Gatsu (blowfish ini di Menara Mulia).

Merasa didiskriminasi dan kesel dengan istilah ”dresscode”, gue bilang ke tuh SG: ”Gini ya Mas, FYI ini bukan dresscode...! Ini jilbab”. Lantas gue melengos pergi tapi tetep cool...karena ada temen gue yang kebetulan lewat. Temen SMP/SMU yang lumayan deket. Gue langsung curhat insiden yang baru gue alami. Dan dia sendiri cuman bisa ngakak, gue pun ngakak dan meng-tidak-habis-pikiri sikap manajemen blowfish terhadap diskriminasi ini. Gue bilang ke Yudhi (nama temen gue itu) dan Ardha bahwa ini bukan kali pertama gue diginiin, waktu di Parc (tempat nge-gig yang udah bubar) gue bahkan semept dicemooh oleh SG Parc: ”Gak bawa Al-Qur’an khan Mbak?” pada saat sang SG memeriksa tas gue. Saat itu gue cuman bisa berdesis pelan ”Shit....”.

Yang jelas, gue tau sih. Ini salah gue emang, harusnya jam 22 wanita baik-baik pastilah pulang ke rumah. Tapi gue cuman pengen menikmati musik yang dalam hal ini universal language. Apalagi musik SORE ini jauh dari kesan dugem. Dan gue melihat, segmen undangan ini gak memandang dari sisi ”drescode” atau whatsofrigginever lah....kecuali kalo gue ke daerah Kota sono..baru deh gue rela diusir. LAH INI???? Wong ”Kitchen and Bar” dengan konsep longue....

Ini masih negara gue. Negara yang memiliki populasi Muslim terbesar di dunia. Gimana kalo gue di luar negeri??

Apa ini ada hubungannya ama kelakuannya FPI? Atau emang branding blowfish gak mau ada embel-embel entitas agama? Kalau seandainya seorang pendeta atau monk dengan baju funky mau masuk,,,apakah akan diusir pula?

Crap...

No comments: