June 23, 2008

Musik Lokal

Setelah sekian lama saya gak punya sesuatu yang pantas untuk dikoleksi (iya bo, waktu kecil itu koleksi gue beragam banget!! dari mulai pensil, postcard, gantungankunci, pin, kertas surat, sticker, kartu dragonball, komik, blahhh.....sekarang entah pada kemana!), akhirnya sekarang saya punya sesuatu yang pantas dikoleksi dan pantas untuk mengeluarkan uang membelinya...(ya secara murah juga kaleeee). Apakah itu? CD Musik lokal Indonesia!! heee..cihuy berat khan? sekaliguslah mendukung para musisi itu yang telah menciptakan lagu-lagu yang keren dan bervariasi.

Koleksinya baru sedikit sih...soalnya dari jaman kapan saya sudah terbiasa "membajak" dari satu hardisk ke hardisk lainnya. Kali ini saya serius memperdalam koleksi saya...selain karena pantas dibeli, cover albumnya seringkali keren banget design graphis atau packagingnya.

Berikut CD koleksi dan lagu jawara dari tiap-tiap album yang saya punya...(masih dikit banget euy!)

1. Sore: Centralismo (Aksara records).
Centralismo ini merupakan album pertama Sore Ze Band yang mendapat cukup banyak taburan pujian dari berbagai media massa dalam maupunluar negeri. Yang jelas pada tahun 2005 band ini masuk dalam Five Asian Albums Worth Buying versi Time Magazine. Berikut petikan dari artikel di Time: The mellow blend of guitar, piano and strings evokes a retro sound from the late '60s without being derivative. It's an album perfect for those rainy days when all you really want to do is lie back and dream of a simpler time in your life. Mangkanya gak lama setelah beredar dipasaran saya langsung embat CDnya dan memang...gada duanya! Selain itu, beberapa lagu sore juga dijadikan soundtrack film Berbagi Suami (Nia Dinata, Kalyana Shira), Janji Joni, dan single "Cermin" masuk ke kompilasi "JKT: SKRG".

Lagu ter-fav: No Fruits for Today ("I love you when you love me, we're gonna make a big family...."). Mendengar lagu ini saya teringat suasana Bandung jaman saya tingkat 4 dan suasana Sabuga pagi hari...ini soundtrack lari pagi saya. Hehehe.
Status CD: Ilang, ehehe.

2. Sajama Cut: The Osaka Journals (Aksara records)
Saya suka sekali dengan cover album mereka yang dominasi warna biru dan bergambar burung gagak (?). Kejadian lucu seputaran band ini, satu hari setelah saya membeli CDnya, saya menunjukan CD tersebut ke Abang saya yang kebetulan lagi ada teman wanitanya datang. Dan tidak disangka-sangka ternyata si temen cewenya itu adalah salah satu personel band Sajama Cut! yang sayanganya baruuu aja mengundurkan diri. Hahaha.

Band ini ternyata cukup populer dibelantika indie scene dunia loh... pembuktiannya ada di album baru mereka yang launching Juni 2008 ini: L'Internationale, album ini berisikan lagu-lagu remix dari album Osaka Journals oleh sekitaran 20 musisi dari berbagai negara. Untuk lebih lengkapnya coba klik disini (http://amp.channelv.com/amp/viewArtist.html?id=5630),

Fav-track: Alibi. Hmm...lupa liriknya gimana! ;D
Status CD: Ilang dipinjem orang

3. Pure Saturday- "Time for A Change • Time to Move On"(Lil Fish Records, 2007)

Yang pernah menjalani hidup di era 1990-an akhir pasti kenal lah ama band ini!!! hehe. Saya sendiri sedikit cupu, disaat teman-teman saya yang saat itu berseragam putih-abu-abu mendendangkan "Kosong" saya malah asik dengan fenomena boy band ala backstreet boys! *hehe*. Tapi saya jatuh hati sekali dengan band ini semasa hidup saya di Bandung. Setelah sempat gak muncul-muncul lagi...akhirnya pada tahun 2003 awal (atau 2002 akhir ya??) saya mendapat kesempatan nonton live mereka di Bazar (aka Pensi) SMU 8 Bandung. Seketika itu saya jatuh hati...dan berikut-berikutnya ketebak, tiap kali mereka melangsungkan gig pasti dibela-belain dateng (walau demikian, saya tetep belum bisa dibilang Pure People" ;sebutan untuk "groupies"nya PS). Yang saya inget pada 2005, saya sempat datang ke Gedung Asia Africa Culture Centre dalam rangka launching album baru mereka, "Elora".

Time for A Change..sendiri berisi lagu-lagu dari 3 album sebelumnya yang di remake, dan satu lagu baru yang sangat amat saya sukai...Spoken. Proses pembuatannya melibatkan dua vokalis PS: Suar dan Satria(Iyo).

Fav track: Last track..Spoken!.... together we’ll reach happinesspart the ocean and through the skybut silence is the hardest thing for us to unveil
Status CD: Dikasih ke Nanai, sahabat dari Malaysia. Barter dengan Hujan (band lokal sono)

4. Float Band - OST 3 hari untuk selamanya
Band yang terbentuk tahun 2004 ini muncul dadakan dan memukau lewat suara khas sang vokalis dan musik yang bernuansa blues. Sebagai pendatang baru, band ini patut diacungi jempol dengan prestasinya yang lumayan dengan memperoleh Abhinaya Trophy dan masuk nominasi di Indonesian movie festival. Semua lagu digarap dengan baik dan cocok banget sama filmnya...

Fav track: 3 hari untuk selamanya. hee. Lagu ini cocok banget didenger kalau lo lagi dalam perjalanan darat yang disebelah kirim-kanan lo adalah sawah, gunung, hutan...
Status CD: Gue kasih ke tante yang tinggal di Washington, dia napsu banget mau denger musik Indo. Padahal klik MySpace beres bukan? :D

5. Sore- Ports of Lima (FFWD)
Album kedua sore!! Ah..what can I say? Seperti kata seseorang Hasiet Ardiansyah dari majalah Rolling Stones: "Mungkinkah Sore membuat yang lebih baik dari ini?"

Fav track: Essensimo...! Sadis...lagu ini bahkan gue jadiin ringtone lilipun gue! hoho.

6. Rock n Roll Mafia- Out of the box
Awalnya gue rada anti nonton ini band. Namanya menyiratkan nama band yang metal...hehe. Ternyata sama sekali gada metal2xnya! Mereka mengusung electronic. Untunglah suatu waktu Vina ngajakin nonton acara Trax di Hardrock dan kebetulan salah satu performernya mereka. OMG, gue langsung bengong dan membodohi diri sendiri "Bagaimana mungkin gue baru dengerin band ini sekarang??? Musiknya bagus bangettt!!!". ...asli, keren banget banget. Album ini sendiri menyuguhkan musik yang tentunya akan membuat badan anda bergerak-gerak sendiri diluar kendali..hehe.

Fav track. Trans love.

7. Efek Rumah Kaca - Self titled album
Pertama kali melihat CD ERK tergeletak di meja kamar adik gue, Ardha, gue cuman memandang sekilas dan kurang begitu tertarik untuk mencoba mencari tahu "Ini (band) apa Dha?". Jadi gue geletakin begitu saja CD dengan cover album bergambar kursi-kursi berterbangan itu. Tapi Ardha berhasil memancing curiousity gue dengan bilang "Lo tau khan Cha Efek Rumah Kaca?", gue menggeleng pelan..>>gengsi banget gue lebih gak tau musik dibanding doi, hehe<<. Setelah bercerita panjang-lebar tentang musiknya dan lirik lagu ERK yang lebih banyak mengangkat isu sosial, gue pun tertarik. Dan ternyata gue langsung jatuh hati sama musik mereka... Lagu-lagunya akan menyeret lo dalam kegelelapan dan beberapa kali merinding mendengar lirik mereka yang sarat makna. Ada lagu yang diambil dari cuplikan Al-Qur'an, ada isu lingkungan -ya apalagi kalau bukan pemanasan global dan efek rumah kaca-, konsumerisme, lagu cinta khas melayu, sampai yang paling bikin bergidik adalah lagu "Di Udara" yang didedikasikan untuk alm. Munir. Fav. Track: Di Udara -pastinya. Secara keseluruhan gue suka semua eeuuyy.... Status CD: Ada, tapi kepemilikan Ardha. Haha.



8. Agrikulture- ... (Future 10)


Ini terhitung band baru di belantika indie scene local. Single pertama mereka adalah "Disko di Rumah" yang menyita perhatian kawula muda (caehelahh...). Hmm, tapi jujur aja gue gak terlalu banyak tahu tentang band ini sih. Walau demikian, kenapa akhirnya gue memutuskan untuk beli adalah karena kejadi di suatu siang bolong taktala gue mendengar sebuah lagu yang membuat gue berhenti bekerja *bengong sepersekian menit dan dengan hikmat mendengarkan lagu tersebut*, di ujung lagu sang announcer menyebutkan bahwa lagu tersebut yang empunya adalah "Agrikulture feat. Tika". Oh my, Tika....wanita dengan suara soulful-nya ituuh. Belakangan saya baru tau nama tembang tersebut adalah "New Day".

Secara keseluruhan sih, album ini sukses memperkenalkan image Agrikulture dengan elektro soundnya yang kental. Ohya, dalam album ini ada lagu yang nyeleneh pisan...(tampak seperti orang mabok, tapi tetep menarik untuk didengarkan), judulnya Dawai Damai...cukup layak disimak. Asal jangan ikutan mabok, Hee.

Fav. track: New Day! Ini cocok banget untuk memulai hari.. "Today's a different day dayy.....yeaa..hh, today's a new day...". Plus ada suaranya Jason Tedjakusuma yang membacakan berita di awal lagu. Uhuhuy. Konsep lagu yang sangat ciamik..! Bravo!
Status CD: Masih bagus banget, utuh , gak baret-baret. Baru beli soalnya...hahaha.

9. D'Zeek - The Oslo Report (Paviliun)
Gue beli karena kata sepupu gue enak dan covernya menarik... album ini sendiri hanya berisi 5 single mereka. Musiknya? 100% Radiohead!

Fav.track: - (belum ada)
Status CD: Baik-baik saja. hee.

Yak...sekian baru segini yang gua punya! hahaha. Sisanyaa....masih status "membajak"..huhuhu.

No comments: