June 29, 2008

Karimun Jawa

Sebagai sarjana Oseanografi, saya termasuk sarjana yang murtad. Soalnya saat ini saya kerja pada bidang yang samsek gada hubungannya ama Oseanografi (Riset pemasaran – Osean?) dan terlebih bidang S2 yang saat ini sedang saya tekuni makin-makin jauhhh dari osean....jauuuhhh banget (Komunikasi ama Oseanografi???). Oh....sungguh 4,5 tahun yang "sia-sia". Uhuhuhu.

Walau bekerja dan sekolah pasca gak berhubungan ama laut, kecintaan dan ketertarikan saya pada laut dan ilmu alam gak berkurang semenjak lulus sampai sekarang. Malah bisa dibilang makin cinta...cuman saya gak bisa aja membayangkan kehidupan saya sebagai seorang oseanografer, otak saya akan bekerja mati-matian untuk memahami sederetan cacing-cacing integral, bahasa pemrograman, analisis data fisis, dll... Tapi tentunya sebagai seorang ”masyarakat eksplorasi”, saya tetaplah seorang SAYA seperti 4 tahun yang lalu dimana kegiatan waku liburan atau akhir pekan saya dihabiskan dengan kegiatan susur pantai, naik gunung-turun gunung, aaaa..pokoknya bermain dengan alam!

Maka dari itu ketika tawaran bermain dengan alam kembali datang, saya tidak kuasa untuk mengatakan ”Tidak” cuman karena kerjaan kantor yang semakin lama semakin tidak terasa menarik (belum kerasa menarik lagi euuyyy). Saya putuskan ambil cuti untuk mengikuti sebuah acara tour yang dinamakan ”Erland’s Karimun Java Tour” yang akan jatuh pada 5-8 July 2008 mendatang.

Ahaaa... Kepulauan Karimunjawa! Pernah denger gak nama itu? Terasa familiar..? Hmm...saya beberkan beberapa fakta menarik tentang kepulauan ini:

1. Kepulauan Karimunjawa ini tempat yang paling pas buat menikmati keindahan terumbu karang kalau kamu hidup di pulau Jawa. Gak usah jauh-jauh ke Wakatobi di Sulawesi atau Raja Ampat di Papua sana (kedua tempat ini adalah destinasi yang saya idamkan sejak lamaaaaa), Jawa punya Kepulauan Karimunjawa yang merupakan salah satu gugus kepulauan yang terletak di laut Jawa (Kepulauan Seribu juga gugusan Pulau di Laut Jawa, tapi entah kenapa saya kurang tertarik meng-explore Kepulauan Seribu ituu..huhu).

2. Karimunjawa sendiri merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Jepara yang merupakan satu-satunya kecamatan di Jawa Tengah yang dipisahkan oleh laut. Status Karimunjawa menjadi diperhitungkan sebagai tempat daya tarik eko pariwisata semenjak dikukuhkan sebagai Taman Nasional Karimunjawa pada tahun 2000.

3. Menurut legenda yang beredar di masyarakat setempat, Karimunjawa berasal dari Kremun, sebuah kata dalam bahasa Jawa yang berarti samar-samar. Karimunjawa yang memang terlihat samar-samar dari daratan Jawa ini sejak 1986 ini telah ditetapkan sebagai Cagar Alam Laut.

4. Sebagian besar penduduk tinggal di 5 pulau utama yaitu Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Genting (menurut itinerary-nya Erland kita akan ke 5 pulau tersebut).

Wiiiii.....masih banyakkk fakta menarik tentang Karimunjawa, untuk lebih detailnya bisa dibaca disini. Ahh...eke jadi makin penasarann pengen snorkeling menikmati terumbu karang warna-warni dan berenang-renang diantara hiu-hiu kecil yang suka gigitin kaki..ehehe.

Oh Jumaaattt cepatlah dataaanggg!

2 comments:

[ w i n D ] said...

cha...bukannya ada nikahan Sano yah...???

Ceniza Akbar said...

Iya ndaaa..;(( gimana doong...gue dosa banget deh ke Sano...huwwwaaaa