July 27, 2008

Amazing in Bed


Tambah lagi satu koleksi CD band indie lokal saya! Yup! "Amazing in Bed" (Huria! Records) dalam self-titled album mereka bisa dibilang membawa warna yang cukup baru dalam ranah musik local scene Indonesia, atau kalau tidak ingin dibilang berlebihan...di Jakarta. Band yang baru saja meliris album pertama mereka tanggal 23 Juli 2008 lalu ini tidak boleh dilewatkan untuk didengar oleh kamu yang mengaku cinta musik anak negeri. Penasaran seberapa baru warna musik mereka?

Pertama, dari sisi musikalitas band yang mengaku masuk ke dalam genre post-punk ini sebetulnya tidak terdengar seperti post punk (i.e Television, Joy Division,The Cure awal), hehehe. Hmm lebih tepat sebetulnya masuk ke dalam genre Riot Grrrl yang merupakan gerakan underground feminist punk yang sarat memasukan isu gender, sexualitas, domestic abuse, gerakan feminis, dll dalam lirik lagu mereka. Ini yang membuat mereka BERBEDA.

Kedua, Sang vokalis AiB, Vina Hutajulu, bekerja sebagai peneliti di Komnas Perempuan, sedangkan 3 anggota band lainnya lulusan Kriminologi UI, hee, saya rasa beberapa hal ini yang mendasari kenapa pada akhirnya mereka mengusung musik Riot Grrrl yang sarat isu sosial ini.

Ketiga, daya tarik utama band ini, seyogyanya "Riot Grrrl", adalah sosok Vina. Bisa dibilang cewek batak yang cerdas dan sangat sangat sangat kocak (orang paling bisa bikin orang ketawa ampe nangis,perut sakit, dan nahan pipis, hehe) ini daya pikatnya luar biasa. Kostum panggung yang SELALU gak biasa (gak manggung juga gaya Vina gak bakal ada yang nyamain saking absurdnya, hehe), cara bernyanyi dengan tarik-ulur kabel mic dan gerak-gerik jogetnya yang unik dan gila (sampe guling-guling di lantai) menjadi daya tarik tersendiri bagi audience mereka. Kalau dilihat sekilas, sosok Vina akan mengingatkan orang-orang akan Karen O, vokalis YeahYeahYeahs. Sedangkan suara Vina bisa saya rekomendasikan sebagai pengganti vokalis Censai de Ser Sexy (CSS), New Young Pony Club, atau the TingTings. Mantep!

Cukup menarik? atau kalau masih rada ragu, check out beberapa track favorite saya:

1. Romansick --> Lagu ini akan membuat kamu teringat akan sakit hatinya putus cinta, kecewa sama orang tersayang. Dalem banget.

Stop!...Don't come near,
don't come any closer,
If you're near, I dissapear,
I go a bit further
Stop!...Go away,
just go far away now,
I've had enough of you and stuff,
I'm a lot more tough now

2. Riot Girl --> Saya rasa musik ini bercerita tentang Vina, haha. Menarik sehingga ditaruh sebagai lagu pembuka di album mereka.

A feminist and vocalist
She mix and match like an artist
She got the brains, she's not insane
She's your clanirious rebel friend

*Clanirious, kata bendanya adalah Clanir. Clanir? sebuah kata sarat makna yang hanya Vina dan Tuhan saja yang tahu arti persisnya. kekeke. She (Vina) made the word herself.

3. Huru Hara --> Ini dia lagu yang paling tepat menggambarkan semangat Riot Grrrl band ini!

Nasib perempuan ibukota
Terjerat kontrak budaya yang super gila
Gara-gara pria ibukota yang tadi hura-hura
jadi huru-hara

Ok, jika kalian masih ragu juga, mendingan dengerin lagu mereka di MySpace dan setelah itu ngacirlah ke toko musik terdekat :)



No comments: